5 Monumen yang Unik

 

 Para seniman baik yang bekerjasama dengan pemerintah ataupun tidak kerap kali menjadikan karyanya sebagai sebuah peringatan (monumen). Para seniman dunia pun memiliki gaya dan cara yang berbeda satu lain dalam mengungkapkan ide, mulai dari bentuk standar (natural) hingga kontemporer sehingga monumen pun terlihat unik. Berikut 5 monumen unik di dunia, seperti dilansir unikgaul.com

1. Menara Cabinet Tertinggi, Vermont, Amerika Serikat

Monumen unik setinggi 40 lali ini merupakan tumpukan 11 kabinet logam yang dibuat oleh seniman lokal, Ben Alvarez pada 2002. Setiap kabinet memiliki warna yang berbeda, secara kesuluruhan monumen unik yang terletak di Vermont, AS, memiliki 38 buah laci. Alvarez menjelaskan bahwa monumen ini untuk mengingatkan para birokrat yang gemar menyimpan dokumen sebuah proyek pembangunan dan tidak pernah diwujudkan.

2. Monumen Charles La Trobe, Melbourne, Australia

Tidak kalang dengan Vermont, di ‘Negeri Kangguru’ pun terdapat sebuah monumen yang unik dan menggelitik yakni Monumen Charles La Trobe. Dengan sentuhan seni kontemporer, monumen yang terletak di pusat Kota Melbourne ini berdiri dengan keadaan terbalik. Pada Juni 2006 monumen eksentrik ini dipindahkan ke kawasan Universitas La Trobe.

3. Monumen Le Tour de France, Perancis

Sementara di Kota Fesyen, Paris, terdapat sebuah monumen yang dibuat untuk memperingati gelaran akbar olahraga sepeda Tour de France yang dibangun pada tahun 1995. Tidak sulit bagi para wisatawan untuk menemukan monumen unik setinggi 18 meter yang terbuat dari almunium dan besi, karena letaknya tepat di sebuah peristirahatan l’Aire des Pyrénées tepat di antara Jalan Raya Tarbes dan Pau.

4. Monumen Headington Shark, Oxford, UK

Di Inggris monumen unik dapat ditemukan di kawasan Oxfordshire. Monumen berupa patung ikan hiu yang seakan menembus atap rumah ini memiliki tinggi 25 kaki. Monumen Headington Shark dibuat oleh pemilik rumah, Bill Heine, untuk memperingati jatuhnya bom atom Nagasaki.

5. Monumen Le pouce, Paris, Perancis

Selain monumen untuk menyambut Tour de France, di Kota Paris pun terdapat monumen berupa patung jempol. Monumen yang dinamai “Le pouce” (Jempol) dibuat oleh pematung C’esar Baldaccini pada 1965. Monumen Le pouce kebanggan masyarakat Paris ini memiliki berat 18 ton dengan tinggi 12 meter.

0 komentar:

Poskan Komentar

Seputar Info Dunia

By Luthfi Gunawan